Kamis, 10 Januari 2019

TENTANG JARINGAN KOMPUTER


JARINGAN 


Gambar terkait


Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Hasil gambar untuk jaringan komputer

Perbedaan jaringan dan internet


Pengertian Jaringan


Jaringan (network) atau sebutan lainnya jaringan komputer, adalah sebuah sistem yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya yang saling terhubung untuk digunakan secara bersama-sama dalam cakupan area yang sempit. 
Pengertian Internet
Pengertian internet (atau istilah lainnya interconnection networking) yaitu jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan hingga milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, yang menggunakan berbagai jenis komunikasi, mulai dari jaringan telepon, satelit, dan lainnya.

Gambar terkait

Dalam membangun jaringan, perlu diperhatikan :

ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membangun suatu jaringan komputer.
Pertama,  yang harus diperhatikan adalah FAULT TOLERANCE. Fault tolerance atau toleransi kesalah merupakan suatu pemahaman dimana ketika membangun suatu jaringan, bagaimana seluruh infrastruktur yang dibangun dapat terus berjalan tanpa adanya gangguan.
Kedua, yang harus diperhatikan ketika membangun suatu jaringan komputer adalah SCALABILITY. Inti dari scalable adalah bagaimana menjaga performa dari jaringan komputer agar tidak berkurang ketika akan melakukan ekspansi jaringan( penambahan user dan netwok ).  Hal ini yang sering dialami oleh service provider (misalnya ISP) dimana walaupun pengguna ISP bertambah banyak, ISP harus tetap dapat menjaga performa dari jaringan yang dibangun.
Ketiga, hal yang harus diperhatikan ketika membangun suatu jaringan komputer adalah QUALITY OF SERVICE. Berdasarkan Wikipedia, ” The quality of service (QoS) refers to several related aspects of telephony and computer networks that allow the transport of traffic with special requirements“. Nah kata kuncinya adalah requirement alias kebutuhan. Inti dari QoS dalam jaringan komputer adalah bagaimana kita membagi-bagi “jatah” resource sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam suatu organisasi, misalnya berdasarkan posisi jabatan atau departemen
SECURITY. Security alias keamanan dari jaringan kadang luput dari pengawasan kita dan bahkan terkesan kurang diperhatikan. Intinya adalah bagaimana membuat jaringan komputer yang kita bangun aman baik dari internal attacker maupun external attacker. Dalam security, ada 3 hal yang haus diperhatikan yaitu CIA (Confidentiality, Integrity, Availability).
Confidentiality = Bagaimana kerahasiaan dari informasi dan komunikasi bisa terjaga dan hanya user dengan privilege tertentu yang dapat mengaksesnya.
Intergrity = Bagaimana integritas dari suatu informasi dan komunikasi dapat dipertanggungjawabkan dan dipercaya, sehingga andaikan informasi berisi “A” maka harus sampai tujuan dengan isi “A” pula tanpa adanya perubahan secara ilegal.
Availabilty = Bagaimana suatu informasi dan komunikasi dapat selalu tersedia walaupun terjadi interverensi misalnya ketika jaringan terkena serangan DDoS dan virus, informasi yang diproses harus tetap tersedia meskipun infrastruktur jaringan baik secara fisik maupul logical mungkin terkena imbasnya. Availability juga berarti memiliki kepastian akses yang tepat dan dapat diandalkan untuk layanan data untuk pengguna yang berwenang.


web development GIF

keuntungan dan kerugian jaringan komputer.
  • File Sharing: keuntungan jaringan komputer yang utama adalah memungkinkannya berbagi file dan akses file dari jarak jauh. Orang yang duduk disatu workstation jaringan dapat dengan mudah melihat file yang ada pada workstation yang lain, asalkan dia diperbolehkan untuk melakukannya. Manfaat jaringan komputer dapat menghemat waktu yang terbuang sia-sia untuk menyalin file dari satu sistem ke yang lain, dengan menggunakan perangkat penyimpanan. Selain itu, banyak orang dapat mengakses atau memperbarui informasi yang disimpan dalam database, membuatnya up-to-date dan akurat.
  • Berbagi sumber daya: berbagi sumber daya juga salah satu keuntungan jaringan komputer. Sebagai contoh, jika ada lima orang dalam satu keluarga, masing-masing memiliki komputer sendiri, mereka akan memerlukan lima buah modem (untuk koneksi Internet) dan lima printer, jika mereka ingin menggunakan sumber daya pada saat yang sama. Keuntungan jaringan komputer, di sisi lain, menyediakan alternatif yang lebih murah oleh penyediaan berbagi sumber daya. Dengan cara ini, semua dari lima komputer dapat menjadi saling berhubungan, menggunakan jaringan, dan hanya satu modem dan printer dapat menyediakan layanan efisien kepada kelima anggota. Fasilitas berbagi file dan sumberdaya sangat menghemat waktu dan biaya.

  • Meningkatkan kapasitas penyimpanan: kelebihan jaringan komputer karena adanya lebih dari satu komputer pada jaringan yang dapat dengan mudah berbagi file, masalah kapasitas penyimpanan sebagian besar akan terselesaikan. Komputer yang memiliki memori penyimpanan yang lebih kecil dapat menyimpan dan mengakses memory penyimpanan ke banyak komputer pada jaringan, dalam hal ini memori komputer yang berbeda dapat digunakan dalam kasus seperti. Jika dana memungkingkan, juga dapat dirancang sebuah server penyimpanan pada jaringan yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar untuk melayani beberapa komputer klient.

  • Meningkatkan efisiensi biaya: ada banyak software yang tersedia di pasar yang mahal dan memakan waktu untuk instalasi. Jaringan komputer mengatasi masalah ini karena perangkat lunak dapat disimpan atau diinstal pada sistem atau server dan dapat digunakan oleh workstation berbeda. Hal ini merupakan keuntungan jaringan komputer tersendiri.
Gambar terkait


Kerugian jaringan komputer

Berikut adalah beberapa kerugian jaringan komputer yang utama.
  • Masalah keamanan jaringan komputer: salah satu kelemahan jaringan komputer yang utama. Terlibatnya masalah keamanan. Jika pada komputer mandiri, diperlukan akses fisik untuk jenis pencurian data. Namun, jika pada jaringan komputer, hacker komputer bisa mendapatkan akses yang tidak sah dengan menggunakan alat dan cara yang berbeda. Kasus dari organisasi-organisasi besar, berbagai network security software digunakan untuk mencegah pencurian data rahasia.
  • Penyebaran Virus komputer dengan cepat: maraknya cyber crime dan penyebaran 
  • virus dalam jaringan merupakan ancaman bagi komputer yang terkoneksi ke jaringan. Jika sistem komputer dalam jaringan terpengaruh oleh virus komputer, maka ada ancaman bagi komputer lain dalam sistem jaringan komputer lainnya. Virus mendapatkan media penyebaran pada jaringan dengan mudah karena interkoneksi dari workstation. Penyebaran seperti ini dapat berbahaya jika komputer memiliki database penting yang dapat dirusak oleh virus. Hal ini adalah dampak kerugaian jaringan komputer yang kadang tidak diperhitungkan.
  • Biaya pasang mahal: pada awal membuat jaringan komputer LAN , bisa saja memerlukan biaya yang tinggi tergantung pada jumlah komputer terhubung. Perangkat jaringan komputer yang mahal seperti router, switch, hub, dll, ditambah biaya teknisi dan administrator jaringan komputer dan dibutuhkan biaya untuk membeli kartu ethernet untuk masing-masing workstation, jika mereka tidak built-in.
  • Ketergantungan pada Server File utama: Jika Server File utama dari jaringan komputer rusak, sistem menjadi tidak berguna. Dalam kasus jaringan besar, File Server komputer harus yang kuat dan hal ini membutuhkan biaya yang mahal.
Pengertian Operator

Hasil gambar untuk OPERATOR

Operator merupakan SDM yang tugasnya mengoperasikan menghidupkan hardware, menjalankan software, berinteraksi dengan hardware dan software yang sedang beroprasi, dan menyudahi operasi (menghentikan software dan mematikan hardware). Operator tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan IT, selain pelatihan sesuai tugasnya. Dalam melaksanakan tugasnya, tentu memerlukan otoritas yang cukup tinggi karena harus bisa menghidupkan dan mematikan sistem. Mereka memiliki akses penuh atas console sistem dan aplikasi untuk sistem produksi. Oleh karena itu operator harus bekerja di ruang khusus yang tidak boleh dimasuki oleh siapa saja selain yang diijinkan oleh pimpinan operasi. Sebaliknya, console sistem dan aplikasi untuk sistem produksi di setup sedemikian rupa supaya tidak bisa dibuka diluar ruang operator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lembaga Sosial

  Kita, sebagai makhluk sosial tentunya membutuhkan adanya lembaga sosial yang dimana intraksi sosial terjadi di dalamnya. Lembaga sosial ha...