Rabu, 26 September 2018

FLIP FLOP



J-K Flip Flop

Flip-flop JK yang diberi nama berdasarkan nama masukannya, yaitu J dan
K. Flip-flop ini mengatasi kelemahan flip-flop RS, yang tidak mengizinkan pemberian masukan R=S= 1, dengan meng-AND-kan masukan dari luar dengan keluaran.
       flip-flop JK ini bekerja tak serempak. Untuk memperoleh flip-flop JK yang dapat bekerja serempak dengan rangkaian lain perlu ditambahkan kelengkapan untuk penabuhan (clocking). Ini dapat dilakukan dengan meng-AND-kan pulsa CP (clock Pulse) dengan masukan K dan J seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6.8. Perlu dicatat bahwa untuk flip-flop yang peka terhadap perubahan pulsa negatif, pada masukan CP diberikan lingkaran kecil seperti pada NOR dan NAND.

J-K Flip-flop juga merupakan pengembangan dari S-R Flip-flop dan paling banyak digunakan. J-K Flip-flop memiliki 3 terminal Input J, K dan CL (Clock). Berikut ini adalah diagram logika J-K Flip-flop.
JK Flip-flop

  • JK flip flop mirip dengan T flip flop dengan 2 tambahan masukan J dan K

T Flip-flip

Nama flip-flop T diambil dari sifatnya yang selalu berubah keadaan setiap
ada sinyal pemicu (trigger) pada masukannya. Input T merupakan satu-satunya
masukan yang ada pada flip-flop jenis ini sedangkan keluarannya tetap dua,
seperti semua flip-flop pada umumnya.
       Kalau keadaan keluaran flip-flop 0, maka setelah adanya sinyal pemicu keadaan-berikut menjadi 1 dan bila keadaannya 1, maka setelah adanya pemicuan keadaannya berubah menjadi 0. Karena sifat ini sering juga flip-flop ini disebut sebagai flip-flop toggle (berasal dari skalar toggle/pasak).
Flip-flop T dapat disusun dari satu flip-flop RS dan dua gerbang AND.

T Flip-flop merupakan bentuk sederhana dari J-K Flip-flop. Kedua Input J dan K dihubungkan sehingga sering disebut juga dengan Single J-K Flip-Flop. Berikut ini adalah diagram logika T flip-flop.
T Flip-flop


  • Rangkaian T flip¬flop atau Togle flip¬flop dapat dibentuk dari modifikasi clocked RSFF, DFF maupun JKFF. 
  • TFF mempunyai sebuah terminal input T dan dua buah terminal output Q dan Qnot. 
  • TFF banyak digunakan pada rangkaian Counter, frekuensi divider dan sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lembaga Sosial

  Kita, sebagai makhluk sosial tentunya membutuhkan adanya lembaga sosial yang dimana intraksi sosial terjadi di dalamnya. Lembaga sosial ha...