Rabu, 24 Oktober 2018

Sistem Komputer





1. Apakah yang di maskut Binary Counter,Decade Counter,Up Down Counter & Bcd Counter ?

2. Apakah yang dimaksud dengan time line sinyal rangkaian digital ?

3. jelaskan pengertian haif & full subtractor ?

jawab :

1. Binary counter adalahh suatu rangkaian logika yang terdiri dari 4 buah Flip-Flop yang mampu melaksanakan perhitungan sampai bilangan 16.

Decoder adalah rangkaian logika yang menerima input-input biner dan mengaktifkan salah satu output-nya sesuai dengan urutan biner input-nya.


Counter Up adalah serangkaian flip-flop yang di hubungkan secara seri dengan caraoutput flip-flop yang pertama menjadi input flip-flop berikutnya.

Down Counter adalah Counter yang dapat menghitung dengan urutan mulai dari atas ke bawah atau dimulai dari bilangan yang paling besar menuju bilangan paling kecil.

BCD atau binary-coded decimal adalah suatu cara penulisan angka desimal yang pada setiap digitnya direpresentasikan dengan bilangan biner. BCD biasanya direpresentasikan oleh 4 bit bilangan biner yang mempresentasikan angka 0-9. Seven segment adalah alat tampilan elektronik yang bisa menampilkan penomoran decimal. Seven segment biasanya diidentifikasi dalam industri menggunakan huruf ag. 

2. Rangkaian digital atau sering pula disebut dengan rangkaian logika adalah kesatuan dari elemen-elemen logika yang membentuk suatu fungsi pemrosesan sinyal digital.
Dimana baik input maupun output rangkaian digital merupakan sinyal digital dan outputnya memberikan fungsi pemrosesan sinyal digital.

3. half subtractor adalah rangkaian pengurangan sistem bilangan biner yang paling sederhana, karena hanya dapat digunakan untuk operasi pengurangan data bilangan biner sampai 1 bit saja. rangkaian ini memiliki 2 terminal input (a dan b) dan 2 terminal output (difference dan borrow).

full subtractor adalah rangkaian yang digunakan untukn pengurangan bilangan-bilangan  biner yang lebih dari 1 bit. rangkaian ini terdiri dari 3 terminal input (a, b, dan carry-in) dan 2 terminal output (difference dan borrow). rangkaian full subtractor dibentuk dari 2 buah rangkaian half subtractor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lembaga Sosial

  Kita, sebagai makhluk sosial tentunya membutuhkan adanya lembaga sosial yang dimana intraksi sosial terjadi di dalamnya. Lembaga sosial ha...